Saturday, 29 November 2014

RPP FIQIH

Assalamu'alaikum teman-teman semua, berikut ini saya postingkan contoh RPP hasil belajar kami selama PPL di Mts Negeri Wates. Semoga bermanfaat ya bagi saya khususnya dan teman semua.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs                             : MTs Negeri Wates
Mata Pelajaran            : Fiqih
Hari/Tanggal               : Kamis, 30 Oktober 2014
Kelas/Semester            : VIII / Gasal
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit ( 1 kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
3. Melaksanakan tata cara zakat

B.     Kompetensi Dasar
3. Menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat.

C.    Indikator Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian mustahiq zakat mal.
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian mustahiq zakat fitrah.
3.      Siswa dapat menyebutkan mustahiq zakat mal.
4.      Siswa dapat menyebutkan mustahiq  zakat fitrah.
5.      Siswa dapat menuliskan dalil tentang mustahiq.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian mustahiq zakat mal dengan benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian mustahiq zakat fitrah dengan benar.
3.      Siswa dapat menyebutkan mustahiq zakat mal dengan benar.
4.      Siswa dapat menyebutkan orang-orang yang menerima zakat fitrah dengan benar.
5.      Siswa dapat menuliskan dalil tentang mustahiq

Karakter siswa yang diharapkan :
o   Gemar membaca, peduli sosial.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian mustahiq zakat fitrah dan zakat mal.
a.       Mustahiq zakat mal adalah orang yang berhak menerima zakat mal/harta.
b.      Mustahiq zakat fitrah adalah orang yang berhak menerima zakat fitrah.
2.      Orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.
a.       Mustahiq zakat mal ada delapan ashnaf (golongan) yaitu :
Ø  Orang fakir : orang yang tidak ada harta untuk keperluan hidup sehari-hari dan tidak mampu bekerja atau berusaha.
Ø  Orang miskin : orang yang berpenghasilan sehari-hari tetapi tidak mencukupi keperluan hidupnya.
Ø  Amil : orang yang bertugas untuk mengumpulkan dan membagi-bagikan zakat kepada orang yang berhak menerimanya.
Ø  Muallaf : orang yang baru masuk islam dan masih perlu disayang-sayang.
Ø  Budak/hamba sahaya : orang yang belum merdeka.
Ø  Gharim : orang yang mempunyai banyak utang dan ia tidak mampu membayarnya.
Ø  Fi Sabillah : orang yang berjuang di jalan Allah.
Ø  Ibnu Sabil : orang dalam perjalanan  (musafir) seperti orang yang menuntut ilmu, berdakwah, dsb.

b.      Mustahiq zakat fitrah
Ø  Orang fakir : orang yang tidak ada harta untuk keperluan hidup sehari-hari dan tidak mampu bekerja atau berusaha.
Ø  Orang miskin : orang yang berpenghasilan sehari-hari tetapi tidak mencukupi keperluan hidupnya.

3.      Dalil yang menyebutkan tentang mustahiq zakat fitrah dan zakat mal.

* $yJ¯RÎ) àM»s%y¢Á9$# Ïä!#ts)àÿù=Ï9 ÈûüÅ3»|¡yJø9$#ur tû,Î#ÏJ»yèø9$#ur $pköŽn=tæ Ïpxÿ©9xsßJø9$#ur öNåkæ5qè=è% Îûur É>$s%Ìh9$# tûüÏB̍»tóø9$#ur Îûur È@Î6y «!$# Èûøó$#ur È@Î6¡¡9$# ( ZpŸÒƒÌsù šÆÏiB «!$# 3 ª!$#ur íOŠÎ=tæ ÒOÅ6ym  ÇÏÉÈ  )التو بة :   (

Artinya : “Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakan hatinya (muallaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui Maha Bijaksana.” (Qs. At Taubah :60)

F.     Metode Pembelajaran.
1.      Metode ceramah : metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
2.      Metode diskusi : digunakan untuk menumbuhkan sikap kebersamaan dan kerjasama antar siswa dalam belajar.
3.      Metode card sort : digunakan untuk mengaktifkan kreatifitas dan kerjasama siswa ketika belajar.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Pendahuluan
a.       Guru mengucap salam dilanjut dengan doa.
b.      Guru memperkenalkan diri.
c.       Guru menanyakan siswa yang tidak hadir.
d.      Guru menyampaikan terlebih dahulu materi pelajaran yang akan dipelajari, yaitu tentang orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.
Apersepsi :
Ø  Memberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa tentang materi mustahiq zakat dikaitkan dengan kehidupan di sekitar siswa.
Motivasi :
Ø  Memberikan informasi mengenai tentang tujuan dan manfaat mempelajari mustahiq zakat fitrah dan zakat mal.
10 menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Siswa menelaah  materi mustahiq zakat yang berada di buku pelajaran fiqih.
b.      Seluruh siswa membaca dalil mustahiq zakat dan terjemahnya bersama-sama.
c.       Siswa dibagi menjadi 8 kelompok dengan cara berhitung 1-8.
d.      Siswa yang menyebutkan angka 1 bergabung dengan teman yang menyebutkan angka 1, begitu seterusnya hingga angka delapan.
e.        Siswa memberikan nama masing-masing kelompok dengan golongan orang-orang yang berhak  menerima zakat.
f.       Salah satu siswa memilih kartu (card sort) yang berisi pertanyaan tentang materi mustahiq zakat di depan kelas.

Elaborasi
a.       Siswa berdiskusi bersama kelompoknya masing-masing tentang pertanyaan dari card sort yang dipilih.
b.      Siswa menuliskan hasil diskusi.
c.       Setiap kelompok  mempresentasikan hasil diskusi.
d.      Siswa dalam kelompok  yang lain memberikan apresiasi dalam bentuk pertanyaan.

Konfirmasi :
a.       Guru memberikan kesempatan para siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas.
b.      Guru menanggapi pertanyaan dan memberikan saran.
60 menit
3
Kegiatan Penutup
a.       Guru bersama siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang baru saja dipelajari.
b.      Guru memberikan tugas membuat mind map dari materi mustahiq zakat.
c.       Guru berpesan supaya siswa rajin belajar.
d.      Guru menutup dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah.
e.       Guru mengucapkan salam.
10 menit

H.    Sumber Belajar
a.       Buku Fiqih kelas VIII, Pengarang Zainal Muttaqin,MA dan Drs. Amin Abyan, Penerbit PT Karya Toha Putra,2013
b.      Buku Fqih kelas VIII, Pengarang Nor Hadi, Penerbit Erlangga,2009

I.       Media Pembelajaran
a.       Kertas Bagan Mustahiq Zakat
b.      Card (Kartu)
c.       Spidol.
d.      Papan Tulis

J.      Penilaian
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
Ø Gemar membaca
Ø Peduli sosial

1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian mustahiq zakat mal
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian mustahiq zakat fitrah.
3.      Siswa dapat menyebutkan mustahiq zakat mal.

4.      Siswa dapat menyebutkan mustahiq  zakat fitrah.

5.      Siswa dapat menuliskan dalil tentang mustahiq.
Tes Tulis




Tes Tulis




Tes Tulis




Tes Tulis




Tes Tulis
Essay




Essay




Essay




Essay




Essay

1.      Apakah yang dimaksud dengan mustahiq zakat mal?


2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan mustahiq zakat fitrah !


3.      Sebutkan siapa saja yang termasuk mustahiq zakat mal !


4.      Siapa sajakah  mustahiq zakat fitrah ? Sebutkan dan jelaskan !


5.      Tuliskan dalil tentang mustahiq zakat !

Rubrik Penilaian
No
Aspek Yang Diamati
Kriteria
Skor
Ket
1





2





3





4





5
Pemahaman





Pemahaman





Pemahaman





Pemahaman





Pemahaman
Jawaban lengkap benar
Jawaan tidak lengkap benar
Jawaban tidak lengkap kurang benar
Jawaban tidak lengkap tidak benar
Tidak menjawab

Jawaban lengkap benar
Jawaan tidak lengkap benar
Jawaban tidak lengkap kurang benar
Jawaban tidak lengkap tidak benar
Tidak menjawab

Jawaban lengkap benar
Jawaan tidak lengkap benar
Jawaban tidak lengkap kurang benar
Jawaban tidak lengkap tidak benar
Tidak menjawab

Jawaban lengkap benar
Jawaan tidak lengkap benar
Jawaban tidak lengkap kurang benar
Jawaban tidak lengkap tidak benar
Tidak menjawab

Jawaban lengkap benar
Jawaan tidak lengkap benar
Jawaban tidak lengkap kurang benar
Jawaban tidak lengkap tidak benar
Tidak menjawab
4
3
2
1
0

4
3
2
1
0

4
3
2
1
0

4
3
2
1
0

4
3
2
1
0


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Skor
Nilai
Keterangan















Catatan :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100
Jumlah Skor Maksimal
           
Skor maksimal = 20
o   Untuk siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) maka diadakan Remidial.





Guru Pengampu Mapel




Dra Rubinem
  NIP:19650 901 1994 03 2 002

Mahasiswi Praktikan




Nuryani
NIM. 11.01. 1379

Guru Pembimbing




Hindun Zuhriyah,S.Ag
  NIP:19741101 200710 2 004

No comments:

Post a Comment