Isra' Mikraj

Hari ini, Sabtu tanggal 16 Mei 2015 diperingati sebagai hari Isra' Mikraj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra' Mikraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam waktu semalam, dan beliau menerima perintah sholat wajib dari Allah SWT.

Isra' berarti berangkatnya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, sedangkan Mikraj adalah perjalanan nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha. Hikmah dari suatu peristiwa Isra' Mikraj adalah apa yang Nabi Muhammad SAW serukan yakni perintah sholat dari Allah SWT kepada manusia, terutama umat Islam.


Dan sebesar-besar hikmah dari perjalanan isra mi’raj adalah disyariatkannya shalat. Dengan melaksanakan shalat wajib tersebut seorang hamba menegakkan sebuah kewajiban ubudiyah yang mampu meredam hawa nafsu, menanamkan akhlak-akhlak mulia di dalam hati, menyucikan jiwa dari sifat penakut, pelit, keluh kesah, dan putus asa.

Dan dengan shalat itulah kita bisa memohon pertolongan kepada Allah dari permasalahan yang kita hadapi. Allah Ta’ala berfiman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Semoga kita senantiasa melaksanakan sholat lima waktu yang sudah disyariatkan oleh Allah SWT, dengan mengenang peristiwa Isra' Mikraj Nabi Muhammad SAW, semoga kita senantiasa berusaha untuk selalu menjaga sholat kita. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Comments