RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs Negeri Wates
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlak
Hari/Tanggal : Rabu, 19 November 2014
Kelas/Semester : VIII / Gasal
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 kali
pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya Husnudzan dan ta’awun.
1.2.Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku Husnudzan dan ta’awun
C.
Indikator Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian husnudzan.
2.
Siswa dapat
menjelaskan pentingnya husnudzan.
3.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian ta’awun.
4.
Siswa dapat
menjelaskan pentingya ta’awun.
5.
Siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk husnudzan.
6.
Siswa dapat
menyebutkan contoh perilaku husnudzan.
7.
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri orang yang bersifat husnudzan.
8.
Siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk ta’awun.
9.
Siswa dapat
menyebutkan contoh perilaku ta’awun.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian husnudzan dengan benar.
2.
Siswa dapat
menjelaskan pentingnya husnudzan dengan benar.
3.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian ta’awun dengan benar.
4.
Siswa dapat
menjelaskan pentingya ta’awun dengan benar.
5.
Siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk husnudzan dengan benar.
6.
Siswa dapat
menyebutkan contoh perilaku husnudzan dengan benar.
7.
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri orang yang bersifat husnudzan dengan benar.
8.
Siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk ta’awun dengan benar.
9.
Siswa dapat
menyebutkan contoh perilaku ta’awun dengan benar.
Karakter siswa
yang diharapkan :
o
Gemar membaca,
rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial.
E.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Husnudzan
Husnudzan artinya
baik sangka. Kebalikan dari husnudzan adalah su’udzan artinya buruk sangka.
Husnudzan termasuk akhlak terpuji.
2. Pentingnya Husnudzan
Orang yang
memiliki sifat husnudzan memandang orang lain dengan kacamata kebaikan. Karena
memandang semua orang baik, orang yang
bersifat husnudzan hidupnya tenang. Jika orang berbuat baik kepadanya ia sangat
berterima kasih dan membalas kebaikan orang tersebut dengan yang lebih baik.
Jika ada orang yang berbuat tidak baik kepadanya, ia tidak membalasnya dengan
ketidakbaikan pula. Akan tetapi dia mencari sisi baiknya, mengapa orang sampai
tidak berbuat baik kepadanya. Ia lalu instropeksi diri.
3. Bentuk-bentuk Husnudzan.
a.
Husnudzan kepada
Allah
Kita harus yakin bahwa Allah Maha Pengasih
lagi Maha Penyayang. Allah juga Maha
Memelihara semua makhluk-Nya, terutama manusia. Kita harus husnudzan kepada
Allah, bahwa Allah sayang kepada kita. Orang yang memiliki sifat husnudzan
kepada Allah, apa pun yang ditakdirkan Allah kepadanya , maka ia menerimanya
dengan ikhlas dan sabar. Ia tidak pernah mengeluh terhadap berbagai cobaan yang
menimpa dirinya. Ia selau mengambil hikmah di balik musibah yang dialaminya.
b.
Husnudzan kepada
sesama manusia
Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk
sosial, manusia saling membutuhkan
antara manusia yang satu dengan dengan yang lainnya dan saling
berhubungan. Islam mengajarkan berbagai cara untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat
yang damai, salah satunya adalah sifat husnudzan. Husnudzan atau berbaik sangka
kepada orang lain termasuk akhlak terpuji.
4. Contoh perilaku Husnudzan
a.
Contoh Husnudzan
kepada Allah : jika seseorang ditimpa
sakit cukup lama, selalu bersabar. Dengan sakit kita bisa beristirahat (tidak
bekerja seperti biasanya). Dengan diberi sakit, kalau kita bersabar maka dosa
kita akan diampuni-Nya.
b.
Contoh Husnudzan
kepada sesama manusia : ketika Rosulullah banyak mengalami hambatan dalam
menyiarkan agama Islam kepada penduduk Mekah. Kemudian Rosulullah berbaik
sangka kepada kepada penduduk Thaif untuk menerima dakwah beliau. Sesampainya
di Thaif beliau ditolak oleh penduduk Thaif, bahkan dilempari dengan batu.
Beliau tetap husnudzan terhadap penduduk thaif tersebut, seraya berdoa :
5. Ciri-ciri orang yang bersifat husnudzan antara lain :
a)
Memandang bahwa
pada dasarnya semua orang itu baik.
b)
Suka memaafkan
kesalahan orang.
c)
Suka menolong
orang.
d)
Membalas kebaikan
orang dengan kebaikan yang lebih.
e)
Membalas
kejahatan dengan kebaikan.
f)
Tidak mudah
tersinggung atas perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang lain.
g)
Menghargai
pendapat orang.
h)
Menerima nasihat
orang.
i)
Selalu mengambil
hikmah di balik musibah yang dialami.
j)
Bersyukur atas
nikmat yang diberikan Allah dan bersabar atas musibah yang dialami.
6. Pengertian Ta’awun
Ta’awun artinya
tolong-menolong. Dalam ajaran Islam sifat ta’awun ini sangat diperhatikan.
Ta’awun atau tolong-menolong termasuk akhlak terpuji.
7. Pentingnya Ta’awun
Sifat dan sikap ta’awun telah dimulai pada awal
perkembangan agama islam. Dalam sejarah banyak sekali perilaku Nabi dan para
sahabat, serta kaum muslimin yang berkaitan dengan sikap ta’awun. Sebagai makhluk
sosial, dalam kehidupannya sehari-hari, manusia saling membutuhkan antara
sesamanya. Orang miskin membutuhkan pertolongan dari yang kaya, berupa makanan,
uang materi yang lainnya. Orang yang kaya pun membutuhkan pertolongan yang
miskin berupa jasa, tenaga, dan sebagainya.
Firman Allah Swt
dalam Qs. Al Maidah : 2
(#qçRur$yès?ur n?tã ÎhÉ9ø9$# 3uqø)G9$#ur ( wur (#qçRur$yès? n?tã ÉOøOM}$# Èbºurôãèø9$#ur(الما ىدة: )
Artinya : “Dan tolong-menolonglah kamu dalam
(mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat
dosa dan permusuhan.” (Qs. Al Maidah : 2)
Menolong orang bukan hanya dengan
harta atau materi, tetapi bisa juga dengan tenaga , dengan ilmu, nasihat, dan
sebagainya. Pada suatu hari Rosul Allah memperingatkan kepada para sahabat.
“Tolonglah saudaramu, baik yang dianiaya orang, maupun yang menganiaya!”
Sahabat bertanya,
“Bagaimana cara kami menolong orang yang menganiaya?”
Rosulullah menjawab, “Engkau cegah
dia melakukan penganiayaan. Dengan demikian engkau telah menolong orang yang
menganiaya itu dari perbuatan dosa.
8. Bentuk-bentuk Ta’awun
1.
Menolong orang
lain dengan tenaga.
2.
Menolong dengan
ilmu.
3.
Menolong dengan
nasihat.
4.
Menolong dengan
makanan, minuman, uang, atau materi.
5.
Menolong dengan
jasa, dan sebagainya.
9. Contoh perilaku Ta’awun.
1.
Siti Khadijah
dengan harta dan dorongan semangatnya telah menolong perjuangan Rosulullah
dalam menyiarkan ajaran Islam.
2.
Abu Bakar as
Sidik menolong membebaskan Bilal bin Rabbah, budak yang telah masuk islam dan
mendapat penyiksaan dari majikannya.
3.
Meminjamkan
pensil atau penghapus kepada teman yang memerlukan.
4.
Menunjukan alamat
kepada orang yang menanyakan alamat kepadamu.
5.
Menyampaikan
kabar tentang temanmu yang tidak masuk sekolah karena sakit,dsb.
F.
Metode Pembelajaran.
1.
Metode
ceramah : metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
2.
Metode
Tanya jawab : untuk membangkitkan rasa ingin
tahu siswa tentang materi yang sedang dipelajari.
3.
Metode
diskusi : digunakan untuk menumbuhkan sikap kebersamaan dan kerjasama antar
siswa dalam belajar.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru
mengucap salam dilanjut dengan doa.
b.
Guru
memperkenalkan diri.
c.
Guru
menanyakan siswa yang tidak hadir.
d.
Guru
menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran dari materi husnudzan dan ta’awun.
Apersepsi :
Ø Memberikan pertanyaan seputar
pengetahuan siswa tentang materi husnudzan dan ta’awun dikaitkan
dengan kehidupan di sekitar siswa.
Motivasi :
Ø Memberikan informasi mengenai
tentang tujuan dan manfaat mempelajari husnudzan dan ta’awun.
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.
Siswa
menelaah materi yang berada di buku Aqidah Akhlak
tentang husnudzan dan ta’awun dan
menanyakan ketidakjelasan materi pada guru.
b.
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota dua orang.
c.
Setiap
kelompok dibagikan dua kertas kosong dan kertas yang berisi gambar tentang
perilaku ta’awun dan perilaku husnudzan.
Elaborasi
a.
Setiap siswa dalam kelompok saling mengamati gambar, mendiskusikan
isi gambar dan menceritakan isi gambar yang kaitannya dengan
perilaku tolong menolong.
b.
Siswa membuat sebuah poster kata mutiara yang berisi anjuran untuk bersikap husnudzan dan ta’awun.
c.
Kelompok
saling berkreasi membuat poster.
a.
Kelompok yang
sudah selesai mempresentasikan karyanya.
b.
Kelompok lain memberikan apresiasi.
c.
Guru memberikan penguatan tentang karya yang
dipresentasikan.
Konfirmasi :
a.
Guru
memberikan kesempatan para siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas.
b.
Guru
menanggapi pertanyaan dan memberikan saran.
|
60
menit
|
3
|
Kegiatan
Penutup
a.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang baru saja dipelajari.
b.
Guru
berpesan supaya siswa rajin belajar.
c.
Guru
menutup dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah.
d.
Guru
mengucapkan salam.
|
10
menit
|
H.
Sumber Belajar
a.
Buku
Aqidah Akhlak Mts Kurikulum 2008 Kelas VIII, Drs.H. Masan A.F,M.Pd, Penerbit PT
Karya Toha Semarang, 2013
I.
Media Pembelajaran
a.
Kertas
Poster Kata Mutiara.
b.
Kertas bergambar.
c.
Spidol.
d.
Papan
Tulis
J.
Penilaian
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
Ø Kreatif
Ø Rasa ingin tahu
Ø Gemar membaca
Ø Peduli sosial
|
1.
Siswa dapat menjelaskan
pengertian husnudzan.
2.
Siswa dapat menjelaskan
pentingnya husnudzan.
3.
Siswa dapat menjelaskan
pengertian ta’awun.
4.
Siswa dapat menjelaskan
pentingya ta’awun.
5.
Siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk husnudzan.
6.
Siswa dapat menyebutkan
contoh perilaku husnudzan.
7.
Siswa dapat menyebutkan
cirri-ciri orang yang bersifat husnudzan.
8.
Siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk ta’awun.
9.
Siswa dapat menyebutkan
contoh perilaku ta’awun.
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
|
1.
Pengertian
dari Husnudzan adalah . . . .
a.
Tolong-menolong
b.
Buruk sangka
c.
Baik sangka
d.
Sikap buruk
2.
Orang yang
selalu bersikap husnudzan hidupnya akan . . . .
a.
Tenang dan
damai
b.
Susah
c.
Sulit
d.
Sedih
3. Pengertian dari Ta’awun adalah . . .
a.
Baik sangka
b.
Buruk sangka
c.
Tolong-menolong
d.
Memaafkan
4. Jika melihat orang yang membutuhkan pertolongan, kamu akan . . .
a.
Mengabaikannya.
b.
Membiarkannya
c.
Menolongnya
d.
Membencinya
5.
Yang
merupakan bentuk-bentuk husnudzan adalah . . . .
a.
Husnudzan
kepada Allah
b.
Husnudzan
kepada manusia
c.
Su’udzan
kepada Allah
d.
Jawaban a dan
b benar
6. Amin selalu berbaik sangka kepada Allah, meskipun sedang sakit
dan belum sembuh. Sikap Amin termasuk contoh sikap . . .
a.
Su’udzan
b.
Husnudzan
c.
Ta’awun
d.
Qana’ah
7. Yang termasuk ciri orang yang husnudzan, kecuali .
. . .
a.
Selalu
memaafkan
b.
Selalu
membenci
c.
Suka menolong
orang
d.
Selalu
mengasihi
8. Tolong menolong dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bila tidak
memiliki harta dapat membantu dengan . . . .
a.
Nasihat
b.
Jasa
c.
Tenaga
d.
Jawaban a,b
dan c benar
9. Ketika Adi pulang sekolah, dia menolong nenek menyebrang jalan.
Hendaknya Adi dalam menolong orang lain harus bersikap . . .
a.
Tanpa pamrih
b.
Meminta
imbalan
c.
Meminta
bayaran
d.
Meminta uang
saku
10. Apa yang kamu lakukan, jika melihat
seorang nenek yang kesulitan menyebrang jalan . . .
a.
Menolongnya
b.
Membiarkannya
c.
Meninggalkannya
d.
Melihatnya
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek Yang
Diamati
|
Kriteria
|
Skor
|
Ket
|
1
2
3
4
5
6.
7.
8.
9.
10.
|
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
Pemahaman
|
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
Jawaban benar
Jawaban salah
|
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
|
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100
|
Jumlah Skor Maksimal
|
Skor
maksimal = 10
o
Untuk siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) maka diadakan Remidial.
Guru Pengampu Mapel
Siti Hamidah,S.Ag
NIP:19610529
198703 2 001
|
|
Mahasiswi Praktikan
Nuryani
NIM. 11.01.1379
|
|
Guru Pembimbing
Hindun Zuhriyah,S.Ag
NIP:19741101 200710 2 004
|
|
No comments:
Post a Comment