RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN |
Nama Satuan Pendidikan : SD N PAYUNGAN Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas / Semester : V / Ganjil Materi Pokok : Cita-citaku menjadi Anak Shalih Sub Materi : Orang Jujur Disayang Allah Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (2JP) |
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tentangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan, dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompensi |
Level Kognitif dan
Afektif |
3.5 Memahami makna
perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-
hari |
3.5.1 Menjelaskan makna
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 3.5.2 Memberi contoh
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 3.5.3 Menyebutkan
hikmah perilaku jujur dalam kehidupan sehari. |
C2 C2 C1 |
4.5 Menunjukan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
4.5.1 Mempraktikan
peilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 4.5.2 Membuat mind
map macam-macam perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
P2 |
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, peserta didik
diharapkan untuk mengamati video kisah “Kejujuran” yang ditayangkan melalui
laptop dan LCD Projector, peserta didik dapat menganalisis permasalahan,
menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Selama
dan setelah mengikuti proses pembelaran ini peserta didik diharapkan dapat :
1. Meyakini
bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.
2. Menunjukan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3. Menjelaskan
makna perilaku jujur dalam dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Memberikan
contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
5. Menyebutkan
hikmah perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
6. Mempraktikan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
D. Materi
Pembelajaran
1. |
Faktual |
Ø Contoh
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
2. |
Konseptual |
Ø Pengertian perilaku
jujur. |
3. |
Prinsip |
Ø Dalil
perilaku jujur dalam Qs. At Taubah ayat 119 dan Qs Al An’am ayat
152. |
4. |
Metakognitif: |
Ø
Hikmah perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari, membiasakan jujur. |
E. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan : Scientific
Metode : Tanya Jawab, Mind
Mapping, diskusi, kerja kelompok dan penugasan
Model : Problem Based Learning
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Siswa
bersama-sama dengan guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan
berdoa (Religius-PPK). 2. Siswa
dan guru melafalkan juz ‘amma surah al fatihah-al ma’un. 3. Siswa
bersama-sama dengan guru menyanyikan salah satu lagu nasional (Nasionalisme). 4. Guru
memeriksa kehadiran peserta didik, dan menanyakan kabar siswa. 5. Guru
menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran. (Apersepsi) |
10
menit |
Inti |
Kegiatan
1 Fase
1 : Orientasi peserta didik pada masalah o Guru
menyampaikan permalasahan tentang perilaku jujur yang sudah mulai pudar di
negeri ini, karena banyaknya terjadi perilaku menyimpang yaitu korupsi. o Siswa
mengamati video kisah tentang kisah kejujuran yang telah disiapkan oleh guru. o Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang kisah yang baru saja ditayangkan tentang
kisah kejujuran. (Comunication, Collaboration, Critical Thinking – 4C) Fase
2 : Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar o
Siswa diarahkan untuk
membuat kelompok diskusi tentang perilaku jujur. o
Siswa difasilitasi oleh
guru untuk membuat kesepakatan dalam diskusi kelompok. (Comunication,
Collaboration, Critical Thinking – 4C) o
Siswa bersama dengan
kelompoknya mendiskusikan perilaku jujur o
Siswa dibagikan LKPD
serta dimotivasi untuk tekun dan giat belajar. Fase
3 : Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok o
Siswa mengamati PPT
yang sudah disiapkan oleh guru tentang perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari. o
Siswa dibimbing dalam
mengerjakan tugas individu yang terdapat dalam LKPD. o
Siswa melakukan diskusi
kelompok dan mengkolaborasikan informasi yang telah didapatkan, serta membuat
kesimpulan bersama. Fase
4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya o
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi yang telah dibuat di depan kelas. o
Menyajikan karya berupa
mind map perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. o Siswa
yang menyimak pemaparan hasil diskusi. Fase 5 : Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah o
Setiap kelompok
memberikan tanggapan dan apresiasi kepada siswa yang melakukan presentasi. |
55
menit |
Penutup |
1. Guru
memberikan umpan balik terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. 2. Guru
memberikan refleksi terhadap materi tentang perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari. 3. Guru
mengucapkan terima kasih atas kerjasama peserta didik dan bertepuk tangan
bersama. |
5
menit |
G. Sumber
Belajar dan Media
1. Buku
Paket PAI dan BP kelas 5 kurikulum 2013
2. Video
tentang kisah kejujuran yang dapat diakses melalui https://www.youtube.com/watch?v=SFK3bDVfXE0
3. Powerpoint
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
kompetensi sikap spiritual
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Terlampir |
Saat
pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning). |
b.
Penilaian Kompetensi Sikap
Sosial
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Terlampir |
Saat
pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning). |
c.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Tertulis |
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esai. |
Terlampir |
Setelah
pembelajaran usai |
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran (assessment of learning). |
d.
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Praktik |
Tugas |
Terlampir |
Setelah
pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai |
Penilaian
untuk sebagai, dan/atau pencapaian |
2.
Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a. Remidial
o
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
o
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya,
atau tugas dan diakhiri dengan tes.
o
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai
ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis
kembali.
o
Kegiatan pembelajaran
remedial antara lain dalam bentuk:
§
Pembelajaran ulang
§
Bimbingan perorangan
§
Belajar kelompok
§
Pemanfaatan tutor sebaya
o
Bagi peserta didik yang
belum menguasai materi (belum mencapai KKM pada kurun waktu yang telah
ditentukan), guru terlebih dahulu mengidentifikasihal-hal yang belum dikuasai.
Berdasarkan hasil identifikasi, peserta didik kembali mempelajari hal-hal yang
belum dikuasai dengan bimbingan guru,dan melakukan penilaian kembali
sebagaimana yang terdapat pada poin 5. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan
waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.
b. Pengayaan
o Bagi
siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
§
Siswa yang mencapai nilai
n(ketuntasan) < n <
n(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai
pengetahuan tambahan
§
Siswa yang mencapai nilai n >
n(maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai
pengetahuan tambahan.
o
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta
didik yang sudah mencapai kompetensinya dalam memahami sikap jujur, hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru, dan saling menghargai antar sesama, diberi
materi pengayaan yang sudah disiapkan. Oleh karena pembelajaran ini terkait
dengan masalah sikap, maka yang terpenting adalah sikap itu sudah menjadi
perilaku peserta didik dan warga sekolah dalam kehidupan baik disekolah, di
rumah, dan di masyarakat. Untuk mengamati perilaku peserta didik, guru
disarankan untuk melakukan observasi/pengamatan. Pengamatan bersifat
terprogram, konsisten, dan berkelanjutan. Sebagai contoh, ketika guru hendak
melihat sikap peserta didik terhadap guru dan sesama teman di sekolah, terlebih
dahulu guru memotret perilaku peserta didik di awal. Selanjutnya, dilakukan
pembinaan terprogram dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Untuk melihat
perubahan sikap, bandingkanlah kondisi awal dengan kondisi akhir pembinaan.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP (SPIRITUAL)
A. Penilaian
Observasi Berdasarkan Pengamatan Sikap dan Perilaku
NO |
NAMA |
Aspek
Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
||
Rajin berdoa |
Toleransi |
Santun |
|||
1 |
AFIF ZAKY HANIF AYYASY |
|
|
|
|
2 |
ALGHOZALI BARA ANDRIANSYAH |
|
|
|
|
3 |
ALTAF FARIS IS'AD |
|
|
|
|
4 |
ARDINA RISKA ALVIONITA |
|
|
|
|
5 |
DHEA REAVIKA LATIF |
|
|
|
|
6 |
FIZA ARUM MELAHI |
|
|
|
|
7 |
IKHWAN LATHIF KURNIAWAN |
|
|
|
|
8 |
JACINDA VERDA NUR FATIMAH |
|
|
|
|
9 |
KRISNA MEGANTARA |
|
|
|
|
10 |
LISA YIHA RODIAH |
|
|
|
|
11 |
MANDA SETIA NINGRUM |
|
|
|
|
12 |
NADIA FERNANDA MAISYAROH |
|
|
|
|
13 |
NAUFAL GHOZI ARIFIAN |
|
|
|
|
14 |
NAYLA NUR ALIFIA |
|
|
|
|
15 |
NOVA PRAMUDYTA SAPUTRA |
|
|
|
|
16 |
RIZAM ORLANDO |
|
|
|
|
17 |
TIFAYATUL FAIZA |
|
|
|
|
18 |
ZALFA AQULIA PUTRI |
|
|
|
|
19 |
ZOLA JULIANO |
|
|
|
|
20 |
MUTHIYA HASANAH |
|
|
|
|
21 |
MUHAMMAD UBAYDILLAH |
|
|
|
|
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria :
100 : Sangat baik
80 : Baik
60 : Cukup
40 : Kurang
2. Skor
maksimal = 100 = 100x3 = 300
3. Skor
sikap = jumlah skor
Jumlah sikap yang dinilai
B. Penilaian
Pengetahuan
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
Satuan
Pendidikan : SD N Payungan
Mat
Pelajaran : PAI dan Budi
Pekerti
Tahun
Pelajaran : 2022 / 2023
Kelas/Semester :
V / Ganjil
Kisi-kisi Penulisan Soal
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Indikator Soal |
Bentuk Tes |
No. Soal |
1 |
3.5
Memahami makna perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
3.5.1Menjelaskan makna perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari. 3.5.2 Memberi contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 3.5.3Menyebutkan hikmah perilaku jujur
dalam kehidupan sehari. |
1. Peserta
didik dapat menyebutkan pengertian jujur. 2. Peserta
didik dapat menyebutkan macam-macam perilaku jujur. 3. Peserta
didik dapat menyebutkan contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 4. Peserta
didik dapat menjelaskan kerugian anak yang tidak jujur. 5. Peserta
didik dapat menyebutkan manfaat perilaku jujur. |
Tertulis Tertulis Tertulis Tertulis Tertulis |
1 2 3 4 5 |
Butir Soal
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang sesuai !
1. Tuliskan
pengertian dari perilaku jujur !
2. Sebutkan
macam-macam perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari !
3. Tulislah
2 contoh perilaku jujur di sekolah !
4. Sebutkan
2 akibat perilaku tidak jujur !
5. Sebutkan
2 manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
Kunci
Jawaban :
No |
Uraian Jawaban |
Skor |
1 |
Jujur artinya lurus hati, tidak curang, tulus atau ikhlas. |
2 |
2 |
Jujur kepada Allah SWT,
jujur pada diri sendiri dan orang lain. |
2 |
3 |
Tidak mencontek saat
ulangan, berkata jujur pada teman dan guru, mengumumkan kepada guru dan teman
jika menemukan uang. |
2 |
4 |
Mendapat dosa, dijauhi
teman, dibenci Allah, masuk neraka |
2 |
5 |
Mendapat pahala, disukai
teman, disukai Allah. |
2 |
C.
Penilaian Keterampilan
(KI.4)
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Indikator Soal |
Bentuk Penilaian |
No. Soal |
1. |
6.5 Menunjukan
perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari |
Mempraktikan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari. |
Peserta
didik dapat memperagakan contoh perilaku jujur ketika berada di sekolah |
Praktik |
1 |
Pedoman penskoran
No |
Butir Soal |
Aspek Yang Dinilai |
Nilai |
1. |
Pergakanlah salah satu
contoh perilaku jujur di depan kelas |
Kesesuaian perilaku
jujur dengan yang diperagakan |
0-100 |
Format Penilaian
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai |
||
Memperagakan sikap jujur |
Memperagakan sikap hormat kepada orang tua dan guru |
Memperagakan sikap saling menghargai |
||
0-100 |
0-100 |
0-100 |
||
1 |
AFIF ZAKY
HANIF AYYASY |
|
|
|
2 |
ALGHOZALI
BARA ANDRIANSYAH |
|
|
|
3 |
ALTAF FARIS
IS'AD |
|
|
|
4 |
ARDINA
RISKA ALVIONITA |
|
|
|
5 |
DHEA
REAVIKA LATIF |
|
|
|
6 |
FIZA ARUM
MELAHI |
|
|
|
7 |
IKHWAN
LATHIF KURNIAWAN |
|
|
|
8 |
JACINDA
VERDA NUR FATIMAH |
|
|
|
9 |
KRISNA
MEGANTARA |
|
|
|
10 |
LISA YIHA
RODIAH |
|
|
|
11 |
MANDA SETIA
NINGRUM |
|
|
|
12 |
NADIA
FERNANDA MAISYAROH |
|
|
|
13 |
NAUFAL
GHOZI ARIFIAN |
|
|
|
14 |
NAYLA NUR
ALIFIA |
|
|
|
15 |
NOVA
PRAMUDYTA SAPUTRA |
|
|
|
16 |
RIZAM
ORLANDO |
|
|
|
17 |
TIFAYATUL
FAIZA |
|
|
|
18 |
ZALFA
AQULIA PUTRI |
|
|
|
19 |
ZOLA
JULIANO |
|
|
|
20 |
MUTHIYA
HASANAH |
|
|
|
21 |
MUHAMMAD
UBAYDILLAH |
|
|
|
Mengetahui Payungan,
11 Juli 2022
Kepala Sekolah Guu
PAI dan BP
Sukiran, S.Pd. Nuryani,
S.Pd.I
NIP. 19640526 198506 1 001 199302072020122018
No comments:
Post a Comment