Cantumkan Namaku Dalam Makalahmu

Menulis. Menulis bagiku adalah sebuah ajang menuangkan isi hati dan pikiran.  Menulis menjadi sebuah terapi kesendirian dan menuangkan segala angan dan harapan dalam sebuah tulisan. Menulis dapat ku jadikan ajang berbagi berbagai hal yang aku tahu kepada orang lain. 

Dimana sih aku bisa menulis ? Di kertas, di buku, di media sosial dan yang terakhir adalah di blog. Tempat yang paling tepat untuk menulis menurutku adalah blog. Menulis di media blog atau blogging merupakan salah satu tempat mengasikan untuk menulis di dunia maya.

Blogging menjadikan kita seorang penulis di web kita sendiri, dibaca oleh orang banyak, tak hanya di lingkup nasional bahkan dunia internasional. Apa yang kita tulis bisa dibaca oleh orang lain, bermanfaat bagi orang lain, dan berbagi informasi dengan orang lain. 

Selain untuk berbagi dan mengasah kegiatan menulis. Blogging dapat digunakan untuk lomba, yakni lomba antar blogger dalam event lomba blogger maupun give away. Dengan mengikuti lomba blog, setiap blogger berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dari panitia event. Lumayan kan buat nambah penghasilan. 

Kegiatan menulis di blog juga dapat dijadikan pengisi waktu luang di kala pekerjaan kita free dan dapat juga digunakan untuk mengisi waktu liburan. Kegiatan menulis di blog sangat menyenangkan jika dibarengi dengan niat ikhlas dan semagat berbagi.

Mengapa aku harus ngeblog ? 

Bagiku ngeblog sangat penting untuk melatih hobby menulisku. Aku dapat menuangkan segenap pemikiran dan informasi yang aku tahu melalui media blog. Dengan menulis, aku selalu ada, aku ga hilang. Suaraku menggema di antara rangkaian kata yang tertuang dalam tulisan di blog. Setiap orang yang membutuhkan informasi yang mereka cari bisa didapatkan di blogku. Ada manfaat yang dapat diambil oleh pengunjung sekaligus pembaca blogku.

Kegiatan blogging juga dapat dijadikan sebagai ajang melatih menulis. Aku merasa nyaman ketika menulis, dan menjadikan menulis sebagai hobbyku. Hobby yang bisa mendatangkan manfaat bagi diriku sendiri dan orang lain. 

Blog sebagai media online untuk menulis. Kita bebas menuangkan tulisan hasil karya kita dalam blog yang kita buat. Blog mencakup luasnya pembaca di dunia maya, tidak seperti surat kabar, dan buku yang hanya bisa dibaca saat dibeli dan saat itu juga. Blog memiliki kelebihan yakni user friendly, setiap pembaca bisa membaca kapan pun dan dimanapun sesuai informasi yang mereka inginkan di dunia maya.

Ngeblog menjadikanku ada. Aku ada dalam kata, rangkaian kata yang berpendar menjadi kalimat bermakna yang kan membawamu menuju indahnya dunia, indahnya berbagi informasi dan indahnya kegiatan menulis. 

Ngeblog tidak membuat bosen, melainkan semakin sering menulis kita akan semakin kecanduan untuk sering menulis. Tulislah yang bermanfaat dan tuailah kemanfaatan. Selalu ada semangat dalam menulis di blog, dan kelegaan setelah menulis. Kamu perlu coba. 

Kapan aku mulai ngeblog?

Aku memulai blogging sekitar tahun 2013. Aku merasa nyaman dengan kegiatan tulis menulis. Dan aku terinspirasi ketika aku masih menjadi mahasiswa. Di mana ketika menjadi mahasiswa, aku dituntut untuk membuat makalah di setiap mata kuliah yang diajarkan oleh Bapak dan Ibu Dosen. Mau tak mau, browsing di internet menjadi salah satu inspirasi terbesarku dalam menyelesaikan tugas makalah. 

Setiap makalah yang kami buat, kami diajarkan untuk menjadi civitas akademika yang baik dan menghargai karya orang lain. Salah satu cara menghargai karya orang lain tersebut adalah dengan mencantumkan sumber web yang kami kutip dalam pembuatan makalah tersebut dalam footnote dan daftar pustaka makalah kami.

Setiap makalah yang kami buat wajib hukumnya mencantumkan daftar pustaka. Daftar pustaka sebagai lembaran halaman yang disediakan oleh para penulis untuk menghargai para pendahulu yang telah menelurkan karya yang kita kutip istilah dan karyanya ke dalam makalah yang kita buat. 

Makalah yang kami buat secara berkelompok tentu saja beragam. Baik dari segi penulisan dan cara pengutipan yang sesuia dengan kaidah penulisan yang ditentukan. Seberapa bagus pun makalahmu jika kamu tidak mencantumkan sumber referensi dalam makalahmu, kamu tetaplah seorang pencontek atau pencuri. Karena dengan mencantukan nama penulis yang kita kutip namanya dalam daftar pustaka, itulah izin resmi layaknya SIM kendaraan bermotor bagi kita dalam menghargai karya cipat orang lain.

Penulis pasti akan tertera namanya di daftar pustaka, entah itu penulis buku, skripsi, atau pun jurnal dan bahkan penulis blog. Setiap mahasiswa yang baik pasti mencantumkan nama penulis dalam daftar pustaka makalah atau pun skripsi yang mereka buat. 

Dan inspirasi terbesar tersebut adalah : "Cantumkan namaku dalam makalahmu." 

Aku berusaha membuat blog dengan bekal yang aku peroleh sejak aku masih di kelas 2 SMK, SMK N 2 Pengasih Kulon Progo tepatnya. Kelas 2 SMK aku sudah diajarkan untuk membuat website, meskipun pada saat masih sekolah aku belum seintensif saat kuliah untuk menulis di blog. Hingga ku putuskan untuk menulis di blog dengan inspirasi tercantumkan namaku di makalah setiap mahasiswa yang bekunjung dan mengambil referensi di blog ku ini.

Blog yang aku isi dengan makalah-makalah hasil jerih payah baca buku di Perpusda Kulon Progo, dan sebagian lain juga browsing di web tetangga tanpa lupa mencantumkan referensinya. Semoga ada manfaat yang dapat diambil oleh para adik kelas mahasiswa yang mengambil studi di bidang yang sama. 

Dari inspirasi aku pun hendak meluruskan niat, semoga tulisanku berkenan dan bermanfaat bagi pembaca semua. Karena, khoirunnaas anfauhum linnaas (sebaik-baik manusia adalah yang banyak manfaatnya bagi manusia lain). Selanjutnya aku memohon maaf jika ada berbagai postingan blogku yang kurang berkenan di hati para pembaca, semoga Alloh mengampuni dosaku. Aamiin 

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Give Away dan Kontes Menulis di Blog"




Comments